Senin, 08 November 2010

Symbian Menjadi Open Source pada Tahun 2010



Symbian Menjadi Open Source pada Tahun 2010



Setelah menyelesaikan pembelian Symbian, Nokia membuat sebuah kesepakatan yang menarik. Symbian Foundation telah membuat Symbian sebagai sebuah system operasi open source pada tahun 2010 ini, dan mengeluarkan distribusi software mereka kepada para pengembang pada pertengahan tahun pertama tahun ini.
Foundation ini adalah suksesor dari Symbian consortium yang telah mengelola system  operasi Sym,bian sejak tahun 1998. Dibentuk kembali setelah Nokia setuju untuk membeli sebagian saham Symbian. Para pembuat smartphone terbesar dunia yang memiliki pengaruh besar Symbian sejak pembuatannya, telah meluncurkan platform ini sebagai ajang kompetisi untuk para pengembang, untuk dapat mengembangkan selain platform Google’s Android, iPhone milik Apple, dan system lainnya.
Nokia, Motorola, NTT DoCoMo, LG Electronics, Samsung, Sony Ericsson, AT&T, dan beberapa perusahaan lainnya telah sepakat pada juni 2008membentuk sebuah Foundation. Enam anggota baru di antaranya AOL, Fujitsu’s Cell Telecom division dan Intrinsyc, telah diumumkan pada Symbian Partner Event di San Fransisco. Jumlah anggota seluruhnya menjadi 64.
Lee Williams, Executive Director of  The Symbian Foundation, mengatakan kalau distribusi source codeyang hadir pada pertengahan pertama tahun 2009, tidak dirilis sebagai open source. Namun, akan dirilis terlebih dahulu untuk foundation, di bawah sebuah organisasi partner Symbian sebelumnya.
Source code ini memiliki elemen Symbian dan platform berbasis S60 Symbian Nokia. Group ini juga siap mengerjakan code untuk distribusi ini. System operasi open source yang hadir pada 2010 tahun ini, menggabungkan Symbian dengan S60, sama seperti dua platform lain yang juga akan dikembangkan, yakni UIQ, dan NTT DoCoMo’s MOAP (Mobile Oriented Applications Platfrom). Symbian Foundation mendefinisikan aturan-aturan dengan organisasinya dan mulai mengatur susunan kepegawaian sesuai dengan pekerjaan yang ada. Pada akhir 2010, mulai ada staf yang telah menjawab e-mail dan telepon untu developer support dan kepentingan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar