Kamis, 26 April 2012

Minimnya Pengetahuan Kesenian di Kalangan Remaja


1.     Latar Belakang Masalah
Di jaman era modern saat ini, kesenian tradisional tidak banyak diperhatikan oleh masyarakat umum khususnya perkotaan, karena perbedaan gaya hidup sekarang dengan gaya hidup dahulu sangatlah berbeda, kemajuan teknologi di dalam kehidupanmasyarakat telah sangat melesat dan melekat dalam kehidupan berbagai kalangan.
  Sejalan dengan adanya perubahan pola pikir  manusia dan kehidupan yang modern, kesenian tradisional Indonesia seperti kesenian wayang dan kesenian-kesenian yang lain kurang diminati khususnya kalangan remaja. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan sarana untuk mempelajari kesenian wayang tersebut. 
Oleh sebab itu, teknologi juga terus mengalami perkembangan, contohnya teknologi komputer. Penggunaan komputer sebagai alat bantu yang digunakan manusia telah berkembang dalam berbagai bidang kehidupan. Dari latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka dapat dirumuskan bahwa kurangnya pengetahuan dan sarana untuk mempelajari kesenian wayang menyebabkan minat masyarakat terutama generasi muda terhadap kesenian tradisional wayang pun ikut berkurang.

2. ISI
   
Dengan melihat dari situasi di atas, kelestarian kesenian tradisional di jndonesia, sedikit demi sedikit akan terkikis keberadaannya. Ada banyak macam penyebab berkurangnya kelestarian seni tradisional di Indonesia ini ialah :
•   Semakin banyaknya budaya kehidupan asing yang masuk ke kehidupan budaya kita, yang telah menarik perhatian banyak Generasi muda, yang akan menjadi pelestari adat kesenian budaya kita.

3. KESIMPULAN
Maksudnya ialah ingin mencoba melestarikan kesenian adat budaya yang terdapat di Indonesia di dalam jaman era moden saat ini.
Tujuannya ialah ingin mengenalkan kembali kesenian tradisional yang terdapat di Indonesia, supaya mayarakat atau kaum kalangan muda tahu lebih banyak lagi tentang seni Indonesia dan dapat melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional yang ada.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar