Jumat, 04 November 2011

Program Deret Pada Java


Tuliskan Script berikut di notepad++ atau Jcreator
import javax.swing.*;
public class deret {
                public static void main (String[]args){
                String Varderet=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Angkanya yaa.. ");
                int deret = Integer.parseInt (Varderet);
                for (int i=1; i<=deret; i++)
                {
                                for (int j=1; j<=i; j++)
                                {
                                System.out.print("@");
                                }
                                System.out.println(" ");
                }
                }                             
}
Hasil Output :
@
@@
@@@
@@@@
@@@@@
@@@@@@
@@@@@@@
@@@@@@@@
@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Process completed.


Logika Program  :
-  Public static void main(String[]args), merupakan pernyataan pembuka sebuah metode pada program (metode ini berfungsi untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas).
-  public, disebut sebagai access modifier yang berfungsi untuk mengendalikan ketampakkan terhadap bagian-bagian program yang lain dalam menggunakan kode ini.
-  static, menunjukkan bahwa metode ini bersifat sama untuk semua class.
-  Void, menjelaskan bahwa metode ini bersifat tidak mengembalikan nilai.
-  main, fungsi dari main() dijadikan sebagai sebuah awal pengeksekusian aplikasi Java. Fungsi main ini nanti yang akan bertugas mengeksekusi statement dari System.out.println untuk mencetak atau menampilkan kata atau pernyataan yang diinginkan.
-  Argument args[], merupakan array objek string argument baris-baris perintah pada program.
-  String n=JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Angkanya yaa..  “); merupakan salah satu fungsi package dari library yang berfungsi untuk menampilkan kotak input dialog yang berguna untuk memasukkan suatu nilai sebagai inputan.
-  Int nilai=Integer.parseInt(n);, mendeklarasikan variable nilai sebagai integer dan menyatakan bahwa variabel nilai yang bertipe integer tersebut akan diubah atau diganti menjadi variabel n yang bertipe integer juga dengan tujuan untuk menghasilkan satu variabel yang sama dalam program agar dapat dilakukan proses pemanggilan dan pencetakan hasil.
-  for(int i=nilai;i<=deret;i++), suatu statement perulangan dengan bentuk umum (inisialisasi ekspresi, kondisi loop, dan ekspresi tambahan). Untuk statement perulangan ini dijelaskan bahwa variabel i dengan tipe integer diinisialisasikan sebagai nilai, dengan nilai i lebih kecil=deret, dan i akan mengalami proses penambahan ‘@’.
-  for(int j=nilai;j<=i;j++), suatu statement perulangan dengan bentuk umum (inisialisasi ekspresi, kondisi loop, dan ekspresi tambahan). Untuk statement perulangan ini dijelaskan bahwa variabel j dengan tipe integer diinisialisasikan sebagai nilai, dengan nilai j lebih kecil=i, dan j akan mengalami proses penambahan ‘@’.
-  Lalu, System.out.println, digunakan untuk memanggil fungsi atau metode println() di objek out (merupakan standard ouput) yang berada di objek System. Sedangkan kelas System adalah kelas yang melindungi seluruh fungsionalitas system.
-  System.out.print(”@ “);, setelah pemanggilan fungsi dilakukan pada objek out maka System akan mencetak hasil inputan yang merupakan variabel i dengan penaikan jumlah setiap baris yang dilanjutkan pencetakan spasi pada layar. Pada pemprograman Java, jangan lupa untuk setiap kalimat harus diakhiri dengan titik koma (; semicolon).
-  System.out.println(“ “);, setelah pemanggilan fungsi dilakukan pada objek out maka System akan mencetak spasi atau ruang kosong pada layar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar